Harga dan Spesifikasi Canon EOS 800D, Kamera DSLR dengan AF Tercepat

Lihat harga dan spesifikasi kamera canon eos 800d, bagi anda yang mendambakan dslr dengan auto fokus cepat higga 0.03 detik dalam mode live view
gambar kamera dslr canon eos 800d

Berdasarkan riset yang dilakukan canon, sejak 14 febuari 2017 canon eos 800d diklaim menjadi kamera dslr bersensor APS-C dengan kemampuan autofokus tercepat yaitu 0.03 detik dalam mode live view.

Mode live view adalah pembingkaian foto tanpa menggunakan viewfinder, melainkan menggunakan layar LCD elektronik di belakang kamera.

Fitur Utama


  • Sensor APS-C 24MP dengan desain Dual Pixel
  • 45 titik AF, dengan tipe silang (horizontal dan vertical)

Kecepatan tersebut diperoleh eos 800d berkat dual pixel cmos AF (DAF) yaitu teknologi yang menghadirkan live view AF setara dengan pemotretan yang menggunakan viewfinder.

Teknologi DAF bekerja dengan begitu cepat karena setiap piksel pada sensor CMOS mencakup dua fotodioda yang menerima sinyal cahaya masing-masing secara terpisah.

Dengan membandingkan perbedaan sinyal antara kedua fotodioda, kemudian DAF mencari fokus dengan presisi tinggi dan dengan cepat berpindah fokus sesuai kehendak pengguna.

Inilah yang membuat kinerja AF pada eos 800d secepat 0,03 detik bisa dihasilkan pada saat pengguna memotret dengan mode live view.

Spesifikasi Kamera Canon EOS 800d


canon eos 800d nyaman saat digenggam

Sensor: CMOS 24.7 Megapiksel | Prosesor: DIGIC 7 | Sistem Fokus: 45 titik fokus (cross type) | Dual Pixel CMOS AF yang berguna saat mode live view

Burst Mode: 6 foto berturut-turut | Shutter Speed: 30s – 1/4000s, Bulb | Metering: 7560-pixel RGB+IR metering sensor | Video: Full HD 1080p 60p | Konektivitas: Bluetooth, Wi-Fi, NFC | LCD: Touchscreen Vari Angle

Jika sebelumnya sudah dibahas bahwa kamera canon eos 800d dibekali sensor APS-C sebesar 24.2-megapixel dengan teknologi dual pixel AF.

Kamera ini juga mengusung prosesor gambar generasi terbaru dari canon yakni DIGIC 7 yang diklaim mampu mengolah data 14x lebih cepat dari pendahulunya.

Selain itu, dengan prosesor DIGIC 7 memungkinkan 800D untuk menawarkan setting sensitivitas maksimum yang lebih tinggi dari ISO 25.600.

Canon EOS 800d

Peningkatan yang paling menonjol yang dinikmati 800D dari pendahulunya adalah penambahan teknologi Dual Pixel AF dari Canon.

Manfaat utama dari Dual Pixel AF adalah bahwa ia sangat mempercepat perolehan fokus saat kamera dioperasikan di Live View.

Cara kerjanya adalah setiap piksel pada permukaan sensor dipecah menjadi dua foto dioda individual - satu kiri dan satu kanan.

Masing-masing dapat dibaca secara terpisah, sehingga memungkinkannya digunakan untuk tujuan deteksi fase AF.

Sebelum diperkenalkannya Dual Pixel AF, DSLR Canon mengandalkan teknologi kontras-deteksi dan terkenal karena memberikan kinerja AF yang cukup lamban.

ilustrasi mengabil gambar dengan canon 800d

Sistem deteksi fase AF pada eos 800D juga telah mendapat perubahan besar dengan 45 titik AF di seluruh jendela bidik, yang merupakan variasi tipe silang.

Dari segi desain, canon eos 800d termasuk kamera ringkas dan ringan dengan dimensi 131,0 x 99,9 x 76,2mm dan bobot 532g (termasuk baterai dan memori).

Jendela bidik optik 800D menggunakan desain pentamirror dengan cakupan 95%. Meskipun tidak terlalu besar tapi memberikan pandangan tajam dari lensa.

Di bawah viewfinder, 800D menampilkan berbagai pengaturan utama termasuk kecepatan rana, aperture, ISO dan panel kompensasi metering / exposure.

layat LCD pada 800d dapat dilipat

Kamera canon eos 800d memiliki layar sentuh LCD 3" dan mampu diputar penuh 180 derajat dari bodi. Hal ini memungkinkan layar diposisikan sedemiakan rupa misal menghadap ke belakang kamera maupun sebaliknya.

Fitur baru lainnya untuk 800D adalah penambahan User Interface Terpandu. Ini adalah fitur opsional murni yang dapat dihidupkan / dimatikan.

Harga Kamera Canon EOS 800D


Berikut adalah skema harga kamera dslr canon eos 800d di Indonesia:

Nama Produk Harga
EOS 800D (Bodi) Rp 10.475.000
EOS 800D Kit (EF S18-55 IS STM) Rp 12.000.000
EOS 800D Kit (EF S18-135 IS STM) Rp 15.700.000

Harga diatas merupakan harga resmi yang dibandrol pada kamera tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan


Berikut ini beberapa kelebihan dari kamera canon eos 800d:

  • Kualitas gambar bagus
  • Kinerja Auto Fokus (AF) Cepat pada mode Live View
  • Tersedia mode panduan dan mudah digunakan
  • Ringan dan kompak dengan standar DSLR

Kekurangan kamera tersebut terdapat pada:

  • Harga lumayan mahal

Hasil Jepretan Kamera Canon EOS 800D


Berikut ini merupakan salah satu hasil jepretan dari kamera canon eos 800d yang berhasil saya kumpulkan sebagai contoh.

Hasil jepretan kamera canon eos 800d

Tambahan dari Merry Harun


Merry Harun (Direktur Divisi Canon PT Datascrip) mengatakan bahwa:

Canon eos 800d hadir dengan model sederhana menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang menginginkan kamera ringkas dengan fitur profesional.

Canon eos 800d memiliki skema tombol pengaturan yang lebih familiar bagi pengguna yang sering menggunakan kamera entry-level.

Tersedia juga mode panduan lengkap dengan tips membidik dan penjelasan sangat membantu untuk para fotografer pemula.

Namun, panduan ini dapat dinon-aktifkan bila tidak diperlukan.

Referensi