Harga dan Spesifikasi Canon EOS 77D, Kamera DSLR dengan Panel Profesional

Lihat harga dan spesifikasi canon eos 77d, sebuah kamera kelas mengenah dengan panel layar seperti dslr profesional
kamera dslr canon eos 77d

Sama seperti eos 800d, kamera eos 77d juga dibekali prosesor DIGIC 7 dengan sensor APS-C 24.2MP CMOS. Namun kamera ini berada satu tinggat diatasnya.

Jika canon eos 800d dirancang dengan model dan user interface sederhana, maka berbeda dengan canon eos 77d yang dirancang dengan desain profesional.


Seperti kamera DSLR profesional, pengaturan menu pada Canon EOS 77D dilakukan melalui Quick Control Dial dan Main Electronic Dial.

menu quick control dial pada canon eos 77d

Metode ini memungkinkan pengguna menyesuaikan pengaturan kamera dan mencari hasil jepretan dengan mudah dan nyaman.

Fitur Utama


  • Sensor APS-C 24MP dengan desain Dual Pixel
  • 45 titik AF, dengan tipe silang (horizontal dan vertical)
  • Panel Layar Profesional

Yang menarik dari 77d yaitu adanya teknologi Dual Pixel AF yang menjanjikan perolehan fokus yang jauh lebih cepat dalam mode live view.

Selain itu dengan adanya prosesor gambar DIGIC 7 diklaim bisa mengolah data 14x lebih cepat dari pada pendahulunya yakni DIGIC 6.

Hal ini mengakibatkan kamera menawarkan kecepatan burst maksimum yang lebih tinggi, EOS 77D mengklaim mampu merekam jumlah JPEG yang tidak terbatas pada 6fps atau 27 file RAW pada kecepatan yang sama.

Spesifikasi Kamera Canon EOS 77D


Sensor: CMOS 24.7 Megapiksel | Prosesor: DIGIC 7 | Sistem Fokus: 45 titik fokus (cross type) | Dual Pixel CMOS AF yang berguna saat mode live view

Burst Mode: 6 foto berturut-turut | Shutter Speed: 30s – 1/4000s, Bulb | Metering: 7560-pixel RGB+IR metering sensor | Video: Full HD 1080p 60p | Konektivitas: Bluetooth, Wi-Fi, NFC | LCD: Touchscreen Vari Angle

kamera canon eos 77d dengan lensa 18-135mm

Dengan dibekali prosesor DIGIC 7 yang berdampak positif pada kecepatan, hal ini juga memungkinkan eos 77d untuk memotret pada pengaturan sensitivitas native maksimum yang lebih tinggi dari ISO 25.600.

Sistem AF EOS 77D yang baru sangat jauh dari sistem autofocus 19 titik yang ada di EOS 760D. Perombakan utama telah melihatnya mewarisi sistem AF cross-type 45-point yang sama dari EOS 800D.

Dari 45 titik AF yang ditawarkan, 27 tetap aktif saat menggunakan kombinasi telekonverter dan lensa dengan aperture maksimum f / 8, sedangkan titik tengahnya sensitif terhadap f / 2.8.

Berita baiknya tidak berakhir disini. Rentang kerja sistem AF juga membentang lebih lebar dari sebelumnya, dan beroperasi melintasi rentang 3-3 sampai 18EV.

Sampai disini mungkin anda bertanya-tanya apa yang membedakan antara canon eos 77d dan eos 800d.

desain untuk canon eos 77d

Bodi terbuat dari paduan aluminium dan polikarbonat dengan serat kaca yang digabungkan dengan baik sehingga membuatnya terasa kuat di tangan.

Semua panel bodi dibuat dengan standar tinggi dan tidak ada suara berderit saat bodi dipegang erat di tangan kanan anda, berbeda dengan dslr kelas pemula.

Tidak seperti EOS 800D, yang memiliki desain sederhana untuk pemula, EOS 77D memiliki tampilan yang lebih rumit, dengan jumlah tombol yang lebih banyak.

Tentunya panel-panel tersebut sangat memudahkan anda dalam menyeting gambar dengan cepat, namun kurang cocok untuk pengguna dslr pemula.

Harga Kamera Canon EOS 77D


Berikut adalah skema harga kamera dslr canon eos 77d di Indonesia:

Nama Produk Harga
EOS 77D (Bodi) Rp 14.400.000
EOS 77D Kit (EF-S18-55 IS STM) Rp 16.225.000
EOS 77D Kit (EF-S18-135 IS USM) Rp 19.600.000

Harga diatas merupakan harga resmi yang dibandrol pada kamera tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan


Kelebihan yang anda peroleh dari kamera eos 77d adalah:

  • Panel profesional dengan Quick Control Dial dan Main Electronic Dial
  • Kinerja Auto Fokus (AF) Cepat hingga 0.03 detik pada mode Live View

Sedangkan kekurangannya, adalah:

  • Harga relatif mahal
  • Tidak cocok untuk pemula

Hasil Jepretan Kamera Canon EOS 77D


hasil foto kamera dslr canon eos 77d

Gambar tersebut diambil dengan kamera canon eos 77d dengan sistem auto fokus dan juga prosesor yang handal sehingga memudahkan anda untuk mendapat gambar terbaik dalam kondisi tak terduga.

Tambahan


Dengan format Full HD 60p, kamera ini juga mengusung teknologi baru yaitu Movie Digital IS yang menjamin rekaman video tetap stabil. Teknologi ini memiliki sensor gyro elektrik internal yang menjaga gambar tetap stabil pada saat posisi kamera bergerak.

Fitur Movie Digital IS ini menyediakan dua pilihan mode, yaitu mode normal untuk situasi perekaman gambar dengan panjang fokus (focal length) yang konstan, dan mode maksimal yaitu pada saat perekaman gambar dengan lensa panjang yang lebih rentan terhadap guncangan.

Teknologi DAF juga membantu videografer untuk terus mengunci fokus pada subjek bidikan saat latar belakangnya bergerak. Pengguna Canon EOS 77D dan EOS 800D tak akan mengalami kesulitan ketika harus merekam video di kondisi pencahayaan kontras tinggi berkat fitur High Dynamic Range (HDR) movie yang canggih.

Kamera 77d juga dilengkapi koneksi Wi-Fi dan NFC untuk memudahkan pengguna berbagi foto dan video ke media sosial, atau memindahkan file foto ke smartphone ataupun mencetak langsung ke printer yang mendukung koneksi NFC.

Koneksi nirkabel ini juga membantu fotografer untuk mengoperasikan kamera jarak jauh, hingga radius 5 meter. Fitur Bluetooth juga dapat digunakan untuk menghubungkan kamera ke Wireless Remote Control BR-E1 yang bisa didapatkan secara terpisah.

Kesimpulan


Kamera Canon EOS 77D dirancang untuk para penggemar fotografi yang ingin mempertajam keterampilannya dengan kamera DSLR profesional.

Referensi