Apa itu Shutter Speed pada Kamera DSLR? Lalu, Seperti Apa Fungsinya..

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan shutter speed yang ada pada kamera dslr? dan mengapa anda memerlukan setting yang tepat untuk mengambil gambar...
Pengertian shutter speed dalam fotografi

Shutter speed adalah rentang waktu saat shutter kamera anda akan terbuka atau lebih mudahnya waktu dimana sensor kita ‘melihat’ subyek yang akan kita foto.

Tepat didepan sensor kamera terdapat tirai yang disebut shutter/rana. Ketika kita memotret maka rana akan menutup dan membuka untuk meneruskan cahaya.

Pada dasarnya cara kerja shutter speed sama seperti tirai jendela rumah kita.

Ketika tirai dibuka maka cahaya akan masuk kedalam ruangan kemudian shutter speed kita gunakan untuk mengatur seberapa lama tirai akan dibuka dan ditutup kembali.

Lalu muncul dua istilah yaitu shutter speed lambat dan shutter speed cepat.

Fungsi: Shutter Speed Cepat vs Lambat


Shutter speed lambat berarti rana akan terbuka lebih lama sehingga cahaya yang masuk ke sensor lebih banyak sedangkan shutter speed cepat berarti rana akan terbuka lebih cepat sehingga cahaya yang masuk ke sensor lebih sedikit.

Kedua setting tersebut memiliki kelebihan masing-masing tergantung kebutuhan kita.

contoh penggunaan shutter speed lambat

Gambar diatas merupakan contoh efek menarik yang dihasilkan oleh kamera dengan pengaturan shutter speed lambat, anda membutuhkan tripod agar tetap stabil.

Sedangkan berikut merupakan contoh penggunaan shutter speed cepat, namun untuk dapat menggunakan mode ini pastikan pencahayaan anda mencukupi.

Gambar dengan setting shutter speed cepat

Kemudian dalam praktik dilapangan pengaturan shutter speed cepat digunakan untuk kebutuhan fotografi aksi atau hal yang tak terduga misalnya wild life atau olahraga.

Sedangkan shutter speed lambat digunakan untuk menghasilkan efek gerakan (blur disengaja), sebagai contoh ketika ingin memotret sebuah air terjun dengan halus.

Perlukah Pengaturan Shutter Speed?


Shutter speed dapat diatur dalam satuan detik bahkan sepersekian detik. Sebagai contoh shutter speed 1/100 berarti bahwa rana akan menutup pada 1/100 detik.

Setiap produsen tentu menawarkan berbagai range shutter speed mulai dari seperseribu detik sampai dengan beberapa detik. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Lalu kapan kita membutuhkan pengaturan shutter speed?

Saat kita menggunakan mode auto maka kamera akan berusaha menentukan shutter speed terbaik. Namun sayangnya pengaturan tersebut tidak selalu benar.

Terkadang kita mendapat gambar yang blur dan under exposure/minim cahaya.

Untuk itu kita membutuhkan pengaturan manual atau bisa juga semi otomatis yang memungkinkan kita mengatur shutter speed untuk mengatasi masalah tersebut.

Berapa Shutter Speed yang Tepat?


Anda tentu pernah mendapatkan gambar yang blur saat mengambil gambar.

Blur dapat terjadi karena goyangan kamera atau goyangan tangan fotografer. Kita dapat mencegah terjadinya blur dengan pengaturan shutter speed yang cepat.

Namun pengaturan tersebut juga tergantung dari focal length suatu lensa. Jadi semakin panjang focal length maka semakin cepat pula settingan shutter speed.

Sebagai contoh kita memotret dengan focal length 200mm, maka shutter speed minimum yang kita gunakan adalah 1/200, bisa 1/210, 1/211 dan lain-lain.

Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi blur akibat goyangan tangan/subjek. Settingan shutter speed bisa lebih rendah dari focal length asalkan kita memakai tripod.

Untuk menghasilkan foto yang tajam, gunakan shutter speed yang aman.

Aturan aman dalam kebanyakan kondisi adalah setting shutter speed 1/60 atau lebih cepat, sehingga foto yang dihasilkan akan tajam dan aman dari hasil blur/ tidak fokus.

Batas shutter speed yang aman lainnya adalah:

Shutter speed kita harus lebih besar dari panjang lensa kita. Misalnya ketika anda memakai lensa 50mm, maka gunakan shutter minimal 1/60 detik.

Tips Tambahan


Untuk mengambil gambar bergerak gunakan pengaturan shutter speed setinggi mungkin yang bisa dicapai untuk membekukan gerakannya. Semakin cepat obyek bergerak yang ingin kita bekukan maka semakin cepat shutter speed yang dibutuhkan.

Untuk membekukan gerakan burung yang terbang misalnya, gunakan mode Shutter Priority dan set shutter speed di angka 1/1000 detik supaya hasilnya tajam. Kalau anda perhatikan, fotografer olahraga sangat mengidolakan mode S/Tv ini.

Demikian penjelasan singkat apa itu shutter speed semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai ilmu fotografi. Lihat juga: